Minggu, 29 Desember 2019

Body Shaming

Disclaimer: ini pindahan dari wordpress yang soon bakal ada part 2 nya.

Di sini yang mau gue bahas kali ini adalah body shaming. Gue sempet baca beberapa artikel tentang ini, dan menemukan apa sih artinya body shaming itu? Intinya, body shaming itu artinya pernyataan negatif seseorang dalam menilai penampilan fisik orang lain.
Menurut gue, bodys haming itu adalah hal yang ga pantas buat dilakukan sama siapa pun. Baik cewek maupun cowok. Percaya ga, kalau body shaming ini terjadi karena budaya? Budaya mencela lebih tepatnya. Dulu, yang kita liat sewaktu kita kecil adalah orang-orang yang lebih tua dari kita saling ngejek satu sama lain, adu ejekan dari fisik atas sampai bawah. Dan ketika dilihat anak kecil yang biasanya meniru, maka bisa terciptalah mental jongkok yang suka mengejek/mencela orang lain, bahkan sejak kecil dude.

Dari body shaming bisa jadi bullying, roods MIRIS banget! Bisa diperparah lagi dengan tidak adanya nilai moral yang ditanamkan kepada anak-anak :”). Kebayang ga seh masih kecil aja kita terbiasa dengan budaya busuk ini. Sehingga, parahnya body shaming ini bisa terjadi bukan hanya antara satu individu ke individu lainnya, tapiiiiii juga terjadi antara individu dengan dirinya sendiri pun body shaming.

Gue ga bakal nunjuk orang lain buat jadi tumbal ditulisan ini. Contoh yang bakal gue bawa di sini adalah diri gue sendiri. Gue waktu SD-SMP pernah ngerasa ga cantik, karena kulit gue yang berwarna gelap. Sekarang sih, embrace my flaws aja HEHE.

Kulit gue yang gelap asalnya dari gen turunan orang tua bahkan dari kakek nenek moyang gue juga, soalnya denger cerita bokap kami tuh ada turunan negara orang, katanya sih India. Yo wes, gue asumsikan India-nya keluarga gue tuh tipe India yang kulitnya ga putih, cuma karena ada gen Indonesia dari moyang gue yang satunya jadi kulit gue ga item keling ngebluwek gitu deh. Nah, kalau yang namanya turunan gen atau bisa dibilang dari sononya, termasuk kalau kulit gue tadinya jadi item keling ye kan, ya gue bisa apa? Terima dan syukuri aja.

Susahnya itu ketika stigma orang-orang yang bikin kita insecure karena ada istilah cewek cantik tuh harus putih tak bercacat atau mulussshh. Bikin gue jadi bodoh banget sih itu. Cantik ya ga kudu putih fergudso. Gue ngerasa bego banget dulu ngerasa ga cantik karena ga putih.

So here’s a thing: Isi lebih berharga dairpada tempatnya. Gelas plastik yang biasa aja bakal menarik kalau diisi minuman enak. Lo dan gue juga gitu, it is ok ga mulus yang penting tuh attitude dan hati klean baik gaes! Percuma cantek kalo komen lo jelek ye gak.

Thank God gue sekarang malah bangga karena gue jadi tau background keluarga gue yang to be honest, unexpected. Walau yaelah soal kulit yang item doang mah bisa diubah dengan banyak cara mulai dari lotion sampe suntik putih bahkan operasi! Tapi bukan itu poinnya. Gue pribadi sih masih waras ya, jadi ga mau la yhaaa. WKWKWK. Makanya, ini udah ga jadi problem sama sekali kalo ada yang ngatain gue item etc. Gue udah aware sama diri gue sendiri buat ga tersinggung karena memang inilah saya. Gue bahkan suka jadiin komen orang buat jadi self-reminder buat lebih mencintai diri sendiri <3. Terima kasih bila ada yang menerima teman seperti saya yang berusaha untuk apa adanya atau ga masalah juga kalau ada di antara kalian yang malu punya temenan sama saya. Klean boleh kok pergi dari hidup saya. Nvm. Gue juga ga bakal keberatan dan sangat bersyukur kalo orang-orang toxic keluar dari kehidupan que. 🙂

Cuma ya gitu deh orang-orang kadang suka ga sadar aja sama budaya body shaming ini. Termasuk gue pun masih terus belajar. Kadang walau gue niatnya bukan ngehina orang gitu ya, mungkin niat gue cuma mau notice satu hal aja dari perubahan mereka, misalnya temen gue kurusan trus di depan mukanya gue omongin tuh.

Gue ga tau respon seseorang terhadap kata-kata gue itu gimana kan. Tiap orang pasti beda-beda gitu loh. Mungkin pas saat gue notice, dia bisa terlihat cuek biar kita ga tersinggung or someway biar dia terlihat a6 mereka jadi sok kuat. Padahal pas kita udah ga bareng dia, ternyata dia bisa sampe nangis bahkan depresi mikirin perkataan kita.
Nah kalo lo udah sadar lewat tulisan ini, lebih baik, ketika mau ngomong lo mikir dulu

“APAKAH KALIMAT GUE NANTI BAKAL BIKIN DIA TERSINGGUNG?”

“SAKIT HATI GA YA KALO GUE NOTICE DOI SOAL BADANNYA OR ALISNYA OR ETC ETC ?”
Kalo jawabannya ya, mending gue tutup mulut rapet-rapet trus beresin cucian numpuk di belakang. Better daripada gue ngelakuin skandal. Ya, body shaming itu skandal. Sama aja kayak gue nanya gaji ke orang asing, ga sopan! Analogi cem apa ini. HHHH
Kalau kalian yang ngerasa budaya body shaming ini terjadi di sekitar kalian, cobalah buat speak up. Notice mereka dengan sopan dan santun supaya ga sembarangan ngomong/komen tentang fisik orang lain.

Jangan lupa, bisa karena terbiasa. Bisa nerima diri sendiri karena terbiasa melatih diri kalian buat lebih bersyukur dan mencintai diri kalian sendiri, lumayan bisa ngebantu generasi kita selanjutnya jadi lebih baik dan budaya body shaming ini ga berlanjut terus. Cause beauty comes from within too tho!

Gue ga punya ekspektasi tinggi soal tulisan gue ini,karena ini menyangkut kebiasaan dan budaya masing-masing individu.  Tapi at least, in the end kalian yang baca sampai akhir dan bisa dapet poinnya, gue udah bersyukur bangeeeettt!
Feel free buat yang mau diskusi di kolom komentar, gue juga mau tahu apa pendapat kalian tentang body shaming!

Sincerely love,
Jenarii
LET’S BE FWENS!
Instagram|Twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar